02 May 2012

8 Tempat Wisata Yang Harus Di Kunjungi Di Sumatera Utara

Sumatera Utara

Sumatera Utara adalah sebuah provinsi yang terletak di Pulau Sumatera, Indonesia dan beribukota di Medan.

Luas: 72.981 km²
Ibu kota: Medan
Jumlah penduduk: 13,53 juta (2014)
Saat ini sumatera utara merupakan memiliki daya tarik di bidang pariwisata yang menjadi incaran bagi mereka yang ingin menikmati  liburan.

Berikut ini lapaninfo ingin berbagi informasi tentang beberapa destinasi wisata di sumatera utara yang mungkin jadi referensi tujuan anda saat liburan.

8. Pantai Lagundri dan Pantai Sorake

http://liburanalalio.com/wp-content/uploads/2015/03/pantai-sorake1.jpg
http://anekatempatwisata.com/wp-content/uploads/2014/03/Pantai-Lagundri.jpg
Apabila Anda sampai di Sumatera Utara, jangan langsung bingung untuk menyusun jadwal tujuan Anda. dikarenakan di sini banyak sekali tujuan wisata yang bisa Anda nikmati. Mulai dari wisata alam. Berbagai pusat perbelanjaan, serta yang lainnya. Namun ada yang tidak boleh dilupakan apabila sudah sampai disini. Jangan sekali-kali melewatkan pesona pantai di Sumatera Utara.

Pantai Lagundri dan Pantai Sorake adalah pantai yang masih berada dalam 1 garis pantai di Kecamatan Teluk Dalam, Nias Selatan, Sumatera Utara. Kedua pantai ini sangatlah terkenal di dunia karena ombaknya yang besar dan sangat disukai para peselancar dari berbagai belahan dunia. Bila anda tidak dapat berselancar, tidak perlu kuatir karena di kedua pantai ini banyak terdapat pelatih selancar. Selain itu ada puluhan penginapan di sepanjang pantai sehingga anda tidak perlu kuatir kesulitan mendapat penginapan. Bukan hanya memiliki panorama alam yang indah. Mungkin pantai ini layak apabila disandingkan dengan ombak di Hawai. Pantai ini memang menjadi tujuan para wisatawan baik lokal maupun domestik yang ingin berselancar. Bila Anda belum berminat dengan surfing, Anda bisa melihat perlombaan surfing yang sering sekali di gelar di pantai ini.
http://liburanalalio.com/wp-content/uploads/2015/03/berselancar-di-pantai-lagundri.jpg

Info pantai lagundri dan pantai saroke
Apabila Anda ingin menginap di kawasan Pantai ini tak perlu khawatir, karena banyak sekali penginapan yang berada di sini. Dengan harga yang relative terjangkau permalam, yaitu sekitar 100 ribu untuk semalam. Jika Anda datang khusus untuk menikmati surfing atau sekitar melihat lomba surfing, datanglah ke pantai ini pada bulan Juni atau Juli. Jangan lupa untuk membawa teropong agar terlihat lebih jelas.

7. Wisata Alam Di Taman Bukit Lawang

Bukit Lawang adalah sebuah desa kecil yang terletak 90 kilometer barat laut Medan, ibukota Sumatera Utara, Indonesia.
 http://wikitravel.org/upload/shared//thumb/b/b9/Bukit_Lawang_Banner.jpg/800px-Bukit_Lawang_Banner.jpg

http://panduanwisata.id/files/2012/07/sumatra_Bukit_Lawang.jpg
Bukit Lawang adalah yang paling terkenal untuk menjadi situs untuk dengan mudah melihat orangutan semi-liar di dekat fasilitas pariwisata yang nyaman. Bukit Lawang terletak di sisi timur Taman Nasional Gunung Leuser.

http://4.bp.blogspot.com/-F7XLcKBZzhk/UaID_GLpVgI/AAAAAAAAAC8/1q7QI9zb7Y0/s1600/1018483-bukit-lawang-620X310.JPGDengan Hutan Yang Masih Asri akan membuat anda nyaman dan betah disana. Untuk akses kesana tidaklah begitu sulit, jika sudah berada di kota medan banyak alternatif jalan darat. Di Bukit Lawang juga telah banyak tersedia tempat penginapan dan kafe/restoran dengan harga harga yang sangat terjangkau.

Untuk Menuju Tempat Wisata Taman Bukit Lawang Dari Kota Medan Anda Dapat menggunakan kedaraan umum menuju binjai,dan dilanjutkan ke Bukit Lawang dengan waktu tempuh sekitar 2,5 jam perjalanan dengan jarak sekitar 80 km, kondisi jalan saat ini menuju kawasan bukit Bukit Lawang Sangat baik karena sudah beraspal, Bagaimana anda berminat.

6. Salju Panas Dolok Tinggi Raja

http://www.gosumatra.com/wp-content/uploads/2014/04/eksotisme-kawah-putih-tinggi-raja-sumatra-utara-600x323.jpg

http://static.panoramio.com/photos/large/100414478.jpg
Dolok tinggi raja adalah kawasan cagar alam seluas 167 Ha yang terletak di Kecamatan Silau Kahen, Kabupaten Simalungun, provinsi Sumatera Utara. Di dalam area kawasan cagar alam dolok tinggi raja, terdapat objek wisata kawah putih, yang lebih sering dikenal dengan nama kawah putih tinggi raja seluas 30 Ha.[1] Namun, hal ini menjadikan objek wisata kawah putih tinggi raja susah untuk berkembang, dikarenakan berbenturan dengan status area ini berada dikawasan Cagar Alam., Salju Panas Dolok Tinggi Raja murupakan sebuah kawasan bukit kapur dengan warna yang unik. Mirip dengan sebuah danau, Salju Panas Dolok Tinggi Raja memiliki warna tanah yang unik yaitu bewarna putih sehingga menyerupai salju. Selain itu, di tengah-tengah kawasan ini terdapat danau air panas yang berwarna biru kehijauan. Salju Panas Dolok Tinggi Raja adalah salah satu tempat wisata di Sumatera Utara yang belum terkenal namun sangat menarik untuk dikunjungi, namun perlu diingat bahwa jalan menuju Salju Panas Dolok Tinggi Raja kualitasnya kurang bagus bahkan banyak warga setempat yang meminta uang.

5. Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit

http://surgatraveller.com/wp-content/uploads/2015/06/Air-Terjun-Telaga-Dwi-Warna-Sibolangit-1024x680.jpghttp://www.travelomia.com/wp-content/uploads/2015/03/Air-Terjun-Telaga-Dwi-Warna-Sibolangit.jpgAir Terjun Dua Warna terletak di Kecamatan Sibolangit, Sumatera Utara. Airnya berasal dari Gunung Sibayak. Ketinggian Air Terjun Dua Warna berada pada 1270 meter dpl. Kenapa dikatakan Air Terjun Dua Warna? Jawabannya adalah karena air terjun indah ini memang memiliki dua gradasi warna yang berbeda. Air yang tertampung dari pancurannya di bawah berwarna putih keabu-abuan sementara air terjun yang tumpah riuh dari atas berwarna biru muda. Anda akan semakin terkagum-kagum sebab di lokasi Air terjun Dua Warna, tidak hanya terdapat satu air terjun saja, melainkan tiga. Sungguh luar biasa keajaiban Sang Pencipta! Wisatawan dari ras Tionghoa juga kerap menyambangi tempat ini. Mereka meyakini bahwa Air Terjun Dua Warna akan memberi keberuntungan bagi mereka.Secara ilmiah, perbedaan warna ini disebabkan oleh airnya yang mengandung fosfor dan belerang. Dengan demikian, saat Anda tengah bermain-main di sini, Anda tidak diperkenankan untuk meminum airnya. Selain warna, suhu air terjun ini pun sangat unik. Suhu dingin pada air yang berwarna biru, dan suhu hangat pada air berwarna putih keabu-abuan. Selain menghabiskan waktu bermain-main dengan percikan air, Anda juga dapat melakukan aktivitas lainnya sembari tetap menikmati pesona alam air terjun, seperti berenang dan bersantai menghangatkan tubuh sambil menyalakan api unggun. Momen abadi ini ini juga dapat Anda bingkai dalam foto-foto sebagai dokumentasi liburan Anda. Masih terasa kurang? Anda dapat mendirikan kemah untuk bermalam. Tentunya, akan membawa Anda menyatu dengan aura alam sekitar. Anda akan memasuki kawasan hutan untuk menuju Air Terjun Dua Warna. Perjalanan yang akan Anda alami akan sangat menguji adrenalin Anda. Di lain hal, suasana asri dan udara menyegarkan akan menyambut kedatangan Anda. Apalagi, area dalam hutan cukup terawat. Ini membuktikan bahwa masyarakat sekitar dan para wisatawan saling menjaga kebersihan hutan.


4. Danau Linting

http://medan.panduanwisata.id/files/2014/06/Danau-linting-anthonynh.blogspot-com.jpg
https://martunassinaga.files.wordpress.com/2012/11/danau-linting8.jpgSenembah Tanjung Muda (STM) Hulu, tepatnya Desa Sibunga-bunga Hilir terdapat objek wisata yang tidak kalahnya dengan objek-objek wisata lain, yang keberadaannya diatas perbukitan desa dengan luas sekitar 1 ha mirip sebuah lingkaran yang digenangi air. Namun, keindahan dan kesejukan alam sekitar membuat suasana berbeda, dengan kejernihan dan warna-warna yang mempesona pandangan kita, kepulan asap yang keluar bagai berjalan dia atas air itu membuat pemandangan lebih menarik, masyarakat menyebutnya “Danau Linting”.

https://anakkompleks.files.wordpress.com/2013/02/1.jpg?w=426&h=284Danau Linting memang tidak sepopuler Danau Toba, namun Danau Linting adalah salah satu tempat wisata di Sumatera Utara yang menarik. Danau Linting merupakan sebuah danau vulkanik dengan ukuran sekitar 1 hektar dan mengandung belerang sehingga warna airnya bewarna kehijauan. Apabila anda ingin berenang berhati-hatilah karena Danau Linting yang berlokasi di Kabupaten Deli Serdang memiliki kedalaman lebih dari 100 meter. Harga tiket masuk Danau Linting adalah 5,000 Rupiah.

Lokasi
Desa Sibunga bunga hilir, Kecamatan STM Hulu, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara.
Akses
Dari Kota Medan, jika menggunakan kenderaan pribadi maka rute yang dilalui adalah melewati Terminal Amplas – Kec. Patumbak – Desa Talun Kenas – Desa Siguci – Desa Kura Jurung – Desa Sibunga bunga Hilir. Lama Perjalanan ±2 jam dengan kenderaan pribadi.

3. Air Terjun Sipiso Piso



http://www.jayanjayan.com/wp-content/uploads/2015/05/Sipiso-piso.jpg
http://medancityholidays.com/wp-content/uploads/2015/08/sipiso-piso-karo.jpgAir Terjun Sipiso Piso berada di sekitar tepi Danau Toba bagian utara dengan ketinggian lebih kurang 800 meter dari permukaan laut (dpl) dan dikelilingi oleh bukit yang hijau karena ditumbuhi hutan pinus.  Ketinggian air terjun ini berkisar 120 meter sehingga dinobatkan sebagai air terjun tertinggi di Indonesia.
Nama Sipiso-piso berasal dari piso yang artinya pisau. Derasnya air-air yang berjatuhan dari bukit berketinggian di atas seratus meter ini diumpamakan layaknya berbilah-bilah pisau yang tajam. Selain itu, jurang yang curam jika dilihat dari puncak bukit membuat orang setempat menyebutnya piso dari Tanah Karo.
 https://pecintawisata.files.wordpress.com/2011/08/dsc_0124.jpg
Lokasi
Terletak di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Propinsi Sumatra Utara. Kecamatan ini berada sekitar 24 km dari Kota Kabanjahe, ibukota Kabupaten Karo. Sedangkan jarak air terjun ini dari Kota Brastagi sejauh 35 km atau  hanya memerlukan sekitar 45 menit dari Kota Medan.

Akses
Bila Anda berada di Kota Medan, ibukota Provinsi Sumatra Utara, maka Anda harus menempuh perjalanan sekitar 2 jam dengan bus atau mobil menuju Kabanjahe, ibukota Kabupaten Karo. Kabanjahe terletak di selatan kawasan wisata dataran tinggi yang terkenal, yakni Berastagi. Setiap 45 menit bus trayek Kabanjahe diberangkatkan dari terminal pusat kota Medan. Tarif bus sangat tergantung dengan jenis bus yang Anda pilih, tentu bus ekonomi yang paling murah. Sesampainya di Kabanjahe, Anda masih harus menempuh jarak 24 km ke arah Utara, jalur menuju Danau Toba. Dengan kualitas jalan beraspal, Anda dapat sampai di Desa Tongging untuk berwisata di Air Terjun Sipiso-piso dalam 30 menit menggunakan mobil atau bus.

2. Pulau Samosir

http://menerjemahkan.com/wp-content/uploads/2014/10/pulau-samosir.png
http://www.klikhotel.com/blog/wp-content/uploads/2015/03/danau-toba-dan-pulau-samosir.jpg
http://medan.panduanwisata.id/files/2013/02/nvn7ibai.jpgPulau samosir, siapa yang tidak pernah mendengar nama pulau ini lagi. Pulau Samosir adalah sebuah pulau vulkanik di tengah Danau Toba di provinsi Sumatera Utara. Sebuah pulau dalam pulau dengan ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut menjadikan pulau ini menjadi sebuah pulau yang menarik perhatian para turis. Pulau yang besar di tengah Danau toba ini sudah menjadi salah satu destinasi wisata di Indonesia dan Dunia. Pulau samosir memang memiliki keindahan alam yang memukau, pulau ini juga memiliki daya tarik yang cukup tinggi, selain karena letaknya di tengah danau toba dan memiliki panorama alam yang sangat indah, pulau ini juga sarat dengan cerita-cerita kuno atau dongeng masyarakat yang terkait dari terjadinya pulau ini, dipadukan lagi dengan ilmu pengetahuan yang menyatakan bahwa pulau samosir terjadi karena letusan super volcano pada beberapa ratusan tahun yang lalu semakin membuat rasa penasaran banyak orang dari berbagai negara di dunia untuk datang dan menginjakkan kakinya di pulau ini.


Tuktuk adalah pusat konsentrasi turis di Pulau Samosir. Dari Parapat, Tuktuk dapat dihubungkan dengan feri penyeberangan. Selain perhubungan air, Pulau Samosir juga dapat dicapai lewat jalan darat melalui Pangururan yang menjadi tempat di mana Pulau Samosir dan Pulau Sumatera berhubungan.

Pulau Samosir sendiri terletak dalam wilayah Kabupaten Samosir yang baru dimekarkan pada tahun 2003 dari bekas Kabupaten Toba-Samosir.

Di pulau ini juga terdapat dua buah danau kecil sebagai daerah wisata yaitu Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang yang mendapat julukan "danau di atas danau".

http://farm8.staticflickr.com/7294/9743828940_8730982871_z.jpg


1. Danau Toba

Danau Toba adalah danau yang paling terkenal di Indonesia karena ukurannya yang besar dan keunikan yang berupa adanya sebuah pulau di tengah Danau Toba. Dengan panjang sekitar 100 KM dan lebar sektiar 30 KM, Danau Toba adalah danau vulkanik yang terbesar di Asia Tenggara. Danau Toba adalah tempat wisata di Sumatera Utara yang paling terkenal, sehingga tidak perlu kuatir apabila anda ingin menginap di Danau Toba karena di sepanjang tepian Danau Toba banyak terdapat penginapan.
http://pesonacakrawala.com/img-data/Lake-Toba.jpg

http://pusakapusaka.com/wp-content/uploads/2015/09/danau-toba-sumatera-indonesia.jpg


http://djamandoeloe.com/asset/wisata/danau-toba-lake-toba.jpg

0 komentar:

Post a Comment